Jumat, 14 September 2018

MEDIA PEMBELAJARAN: Materi Presentasi (Semester 2)


PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL 2 DIMENSI
Media pembelajaran visual 2 dimensi adalah salah satu media pembelajaran yang hanya dapat dilihat dari sisi datar, dan terdiri dari 2 ukuran yakni panjang dan lebar.

MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL 2 DIMENSI
1.        Menimbulkan minat siswa akan materi yang disampaikan
Dengan media visual 2 dimensi yang kita gunakan siswa akan lebih tertarik dengan materi yang kita sampaikan, karena media yang kita gunakan berbeda dari media-media yang sudah ada. Semakin unik dan kreatif media yang kita pilih maka siswa akan makin tertarik untuk memperhatikannya.
2.        Memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan siswa
Dengan media visual 2 dimensi, siswa tidak akan hanya membayangkan atau berangan-angan saja terhadap materi yang akan kita sampaikan sehingga mudah dilupakan. Dengan media visual yang kita gunakan dia akan lebih mudah mengingat apa yang dia lihat.

JENIS-JENIS MEDIA PEMBELAJARAN 2 DIMENSI
1.        Media Grafis
suatu penyajian secara visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar, tulisan-tulisan, atau simbol visual yang lain dengan maksud untuk menggambarkan, merangkum suatu materi yang ingin disampaikan.
Contoh: Bagan, sketsa, diagram, Foto, poster, Slide, Kartun.
Poster adalah media yang di harapkan mampu mempengaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya.
PRAKTEK
Slidetoon
Merupakan perpaduan dari aplikasi power point yang dikombinasikan dengan beberapa gambar kartun.
Penampakannya seperti ini.
Agar lebih Nampak interaktif dan hidup, gambar yang sudah ada diberi beberapa efek animasi motion pants, dengan animasi ini kita bisa mengatur kemana gambar ini bergerak serta timingnya sesuai yang kita inginkan.
Untuk pengoprasiannya cukup mudah, yakni kita tinggal pilih slide show, maka media ini akan bergerak secara otomatis, kita tinggal memencet selanjutnya saja jika anak-anak sudah selesai dalam mengeja katanya dan kita sudah menjelaskan apa yang sedikit perlu kita sampaikan.
Dengan gambar berwarna yang cukup menarik, anak-anak akan sangat antusias dengan materi yang kita sampaikan.

Kelebihan Media Grafis

1.      Mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan

2.        Dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa

Kekurangan Media Grafis

1.        Membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya, terutama untuk grafis yang lebih kompleks.

2.        Penyajian pesan hanya berupa unsur visual.

 

 

 

2.        Media Papan
Media yang memanfaatkan papan sebagai alat utamanya.
Contoh: Papan tulis, Papan Buletin, Papan flanel
PRAKTEK
Papan Flanel
Untuk pendidik yang tak begitu paham akan teknologi jangan khawatir karena masih tersedia media pembelajaran 2 dimensi yang dirasa cukup efektif untuk menyajikan materi yang ingin disampaikan. Salah satunya dengan menggunakan media papan flanel ini, dengan papan ini Gambar-gambar yang akan disajikan dapat dipasang dan dicopot dengan mudah sehingga dapat dipakai berkali-kali. Karena penyajiannya seketika, selain menarik perhatian siswa, penggunaan flanel dapat membuat sajian lebih efisien.
Untuk pembuatanya cukup mudah, hanya dibutuhkan sedikit kreatifitas dan ketelatenan. Bahanya juga tidak harus semuanya dengan flannel, kita bisa mengkombinasikannya dengan kain perca untuk menghemat biaya.
Untuk pengoprasiannya tinggal copot dan tempel saja, menarik dan tidak berbahaya bagi anak-anak.

Kelebihan Media Papan

1.        Bermanfaaat di ruang manapun tanpa harus adanya penyesuaian khusus

2.        Pemakai dapat secara fleksibel membuat perubahan-perubahan sementara penyajian berlangsung.

3.        Mudah dipersiapkan dan materinya mudah digunakan.

4.        Fasilitas papan tulis atau white board selalu tersedia di ruang-ruang kelas.

5.        Meningkatkan kreatifitas siswa, dengan papan bulletin khususnya, siswa dapat menuangkan segala ide yang dimilikinya.

Kekurangan Media Papan

1.        Masih memerlukan banyak penjelasan verbal

2.        mengganggu suasana dan pengolaan kelas. Karena Pada saat menulis atau mengoperasikan papan, guru cenderung untuk  membelakangi siswa dalam waktu yang terhitung lama.

3.        Jaraknya terbatas. Susah dilihat dari jarak yang jauh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.        Media Cetak

Media cetak merupakan salah satu jenis media pembelajaran visual 2 dimensi yang pembuatannya melalui proses pencetakan/printing. Media ini menyajikan pesannya melalui huruf dan gambar-gambar yang diilustrasikan untuk lebih memperjelas pesan atau informasi yang disajikan.

Jenis-jenis media cetak

Modul

suatu paket progaram yang disusun dalam bentuk satuan tertentu dan didesain sedemikian rupa guna kepentingan belajar siswa. Satu paket modul biasanya memiliki komponen petunjuk guru, lembaran kegiatan siswa, lembaran kerja siswa, kunci lembaran kerja, lembaran tes, dan kunci lembaran tes.

Surat kabar dan majalah
Surat kabar dan majalah adalah media komunikasi masa dalam bentuk cetak yang tidak perlu diragukan lagi peranan dan pengaruhnya terhadap masyarakat pembaca pada umumnya. Ditinjau dari segi isinya, surat kabar atau majalah dapat dibedakan menjadi surat kabar dan majalah umum dan surat kabar dan majalah sekolah. Fungsi surat kabar dan majalah adalah: mengandung bahan bacaan hangat dan aktual, memuat data terakhir tentang hal yang menarik perhatian, sebagai sarana belajar menulis artikel, memuat bahan kliping yang dapat digunakan sebagai bahan display untuk papan tempel, memperkaya perbendaharaan pengetahuan, meningkatkan kemampuan membaca kritis dan keterampilan berdiskusi.

 

 

 

Buku Teks Pelajaran

Adalah slah satu bentuk media cetak yang didalamnya memuat tentang suatu bidang studi atau ilmu tertentu yang disusun untuk memudahkan para guru dan siswa dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran.

Untuk cara penggunaannya begitu sederhana, dalam hal ini guru tinggal menerangkan apa yang ada didalam buku teks pelajaran tersebut. Misalnya....... Kemudian untuk evaluasi, kita dapat memerintahkan mereka untuk mengerjakan soal-soal yang terdapat didalamnya. Dengan ini siswa dapat menyelesaikan soal dengan mudah karena dia dapat mencari jawabannya dengan membaca buku tersebut. Tidak hanya itu, jika ia ingin belajar di rumah, secara mandiri siswa akan dapat mencari informasi dalam buku yang dimilikinya tersebut.

Kelebihan Media Cetak

1.      Mudah dibawa. Sehingga siswa dapat mempelajari dimanapun dan kapanpun sesukanya.

2.      Dapat memenuhi tuntutan kurikulum
Karena informasi yang diberikan oleh media cetak terutama buku teks pelajaran kepada siswa sangat banyak dan lengkap dan disusun berdasarkan kurikulum.

Kekurangan Media Cetak

1.      Tidak dapat menampilkan gerak yang nyata di halaman media cetak.

2.      Pelajaran yang terlalu banyak disajikan dengan media cetak cenderung untuk mematikan minat dan menyebabkan kebosanan.

3.      Tanpa perawatan yang baik, media cetak akan cepat rusak, hilang atau musnah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar