PETUNJUK PRAKTIKUM
SAINS SD 1
PERCOBAAN 1: STRUKTUR
RANGKA MANUSIA
A.
Tujuan
Setelah melakukan percobaan ini,
mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi bagian-bagian rangka manusia serta
nama dan jumlah tulang-tulang yang menyusun bagian tersebut.
B.
Pendahuluan dan Dasar Teori
Rangka manusia terdiri dari
beberapa bagian. Masing-masing bagian itu saling menyatu membentuk suatu
struktur yang dinamakan sebagai struktur kerangka manusia.
C.
Rumusan Masalah
1.
Apa sajakah bagian-bagian rangka manusia?
2.
Apa sajakah nama tulang-tulang yang
menyusun bagian itu?
D.
Hipotesis
1.
…………………………………………………………………………
2.
…………………………………………………………………………
E.
Alat dan Bahan
Alat peraga kerangka manusia
F.
Cara Kerja
a.
Mengidentifikasi
bagian-bagian rangka
1.
Amati Alat peraga kerangka manusia
2.
Identifikasi bagian-bagian rangka
tersebut
b.
Mengidentifikasi
tulang-tulang penyusun bagian rangka
1.
Amati alat peraga kerangka manusia
2.
Catat nama-nama tulang yang menyusun
masing-masing bagian tersebut
G.
Pertanyaan
1.
Berdasarkan kegiatan diatas (a),
identifikasi 3 bagian rangka manusia!
2.
Berdasarkan kegiatan diatas (b),
identifikasi masing-masing nama tulang penyusun bagian tersebut!
Isikan
hasil pengamatanmu ke dalam tabel di bawah ini !
No.
|
Nama Bagian Rangka
|
Nama
dan Jumlah Tulang Pembentuk
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
PETUNJUK PRAKTIKUM
SAINS SD 1
PERCOBAAN 2 : FUNGSI
RANGKA MANUSIA
A. Tujuan
Setelah
melakukan percobaan ini, mahasiswa diharapkan mampu mengetahui dan mengerti
fungsi rangka atau tulang bagi manusia.
B. Pemahaman dan Dasar Teori
Pernahkah kalian pergi ke festival layang-layang?
Layang-layang yang dilombakan sangat menarik dan memiliki berbagai macam
bentuk. Ada yang berbentuk ular, ikan, naga, dan lain sebagainya. Berbagai
bentuk layang-layang tersebut mengikuti struktur kerangka layang-layang yang
dibuat. Gambaran kegunaan rangka terhadap layang-layang tersebut ternyata juga
berlaku di dalam tubuh kita. Rangka pada tubuh manusia memiliki berbagai
peranan yang sangat urgen. Diantaranya adalah untuk menguatkan dan menegakkan
bentuk tubuh, menentukan bentuk tubuh, tempat melekatnya otot, dan melindungi
bagian tubuh yang penting.
C. Rumusan Masalah
1.
Apa saja fungsi rangka bagi manusia?
D. Hipotesis
1.
………………………………………………………………………………...
E. Alat dan Bahan
1.
Gunting
2.
Satu buah pensil atau bolpoin
3.
Satu buah kawat berbentuk “U”
4.
Kain atau sleyer
5.
Isolasi
F. Cara Kerja
a.
Percobaan
1
1.
Gunakan pensil atau bolpoin
2.
Siapkan sleyer/atau kain, isolasi, dan
gunting
3.
Gulungkan kain atau sleyer menutupi
keseluruh bagian pensil atau bolpoin
4.
Ketika sudah menutupi keseluruh bagian
pensil atau bolpoin berilah perekat atau isolasi
5.
Amati apa yang terjadi
6.
Tarik perlahan pensil atau bolpoin yang
ada di dalam kain atau sleyer
7.
Perhatikan apa yang terjadi kemudian
catatlah
b.
Percobaan
2
1.
Gunakan kawat berbentuk “U”
2.
Siapkan sleyer/atau kain, isolasi, dan
gunting
3.
Gulungkan kain atau sleyer menutupi
keseluruh bagian kawat
4.
Ketika sudah menutupi keseluruh bagian
kawat, berilah perekat atau isolasi
5.
Amati apa yang terjadi
6.
Tarik perlahan kawat yang ada di dalam
kain atau sleyer
7.
Perhatikan apa yang terjadi kemudian
catatlah
G. Pertanyaan
1.
Apa fungsi pensil atau bolpoin dan kawat
pada percobaan diatas?
2.
Apa yang terjadi ketika pensil atau
bolpoin yang telah di gulung dengan sleyer atau kain di ambil?
3.
Apa yang terjadi ketika pensil atau
bolpoin dan kawat direkatkan dengan kuat pada sleyer atau kain?
4.
Mengapa ketika pensil atau bolpoin dan
kawat diambil, sleyer kemudian melayu atau lemah, jelaskan?
5.
Apa fungsi rangka atau tulang bagi
mahluk hidup?
Catatlah
hasil percobaanmu ke dalam kolom di bawah ini!
No.
|
Percobaan
|
Perlakuan
|
Hasil
Pengamatan
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
PETUNJUK PRAKTIKUM
SAINS SD 1
PERCOBAAN 3 : SENDI
PADA MANUSIA
A.
Tujuan
Setelah melakukan percobaan ini,
mahasiswa diharapkan mampu mengetahui arah gerak pada sendi engsel.
B. Pemahaman dan Dasar Teori
Di dalam susunan rangka manusia
terdapat hubungan antar tulang yang dapat memungkinkan tulang-tulang tersebut untuk
melakukan pergerakan. Hubungan antar tulang biasa disebut dengan sendi. Ada
berbagai macam sendi di dalam struktur kerangka manusia, diantaranya adalah
sendi kaku, sendi mati, dan sendi gerak.
C. Rumusan Masalah
1.
Bagaimana arah gerak sendi engsel?
D. Hipotesis
1.
………………………………………………………………………………..
E. Alat dan Bahan
1.
Pintu ataupun jendela di ruang kelas
F. Cara Kerja
1.
Perhatikan pintu yang ada diruang kelas
2.
Coba buka dan tutup pintu tersebut
3.
Catat apa yang terjadi !
G. Pertanyaan
1.
Bagaimana arah gerakan pintu tersebut?
2.
Komponen apa yang menyebabkan pintu
dapat bergerak?
3.
Kaitkan percobaan yang kamu lakukan
dengan salah satu macam sendi!
PETUNJUK PRAKTIKUM
SAINS SD 1
PERCOBAAN 4 : KELAINAN
PADA TULANG MANUSIA
A.
Tujuan
1.
Melalui kegiatan ini, mahasiswa
diharapkan dapat memahami bagaimana sikap tubuh yang baik.
2.
Melalui kegiatan ini, mahasiswa
diharapkan mampu mengetahui pengaruh sikap duduk terhadap kesehatan rangka
manusia.
B. Pemahaman dan Dasar Teori
Tanpa kita sadari,
kebiasaan buruk kita sehari-hari ketika melakukan suatu aktivitas dapat merusak
pertumbuhan kerangka atau tulang kita. Entah itu cara duduk kita yang salah
ketika belajar, maupun sikap tubuh kita yang salah ketika berjalan, berlari
atau berdiri. Dimana dari kesemua hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada
kesehatan tulang belakang kita.
C. Rumusan Masalah
1.
Bagaimana cara membiasakan sikap tubuh
yang baik dalam aktivitas sehari-hari?
2.
Bagaimana pengaruh sikap duduk terhadap
kesehatan tulang manusia?
D. Hipotesis
1.
………………………………………………………………………………..
2.
………………………………………………………………………………..
E. Cara Kerja
1.
Amati gambar yang terlampir pada
pertanyaan
2.
Diskusikan apa yang terjadi
3.
Catat pendapatmu pada lembar yang telah
disediakan!
F. Pertanyaan
1.
Perhatikan gambar di bawah ini !
Coba
bedakan mana sikap badan yang benar dan yang salah. Berikanlah saran terhadap
sikap badan yang salah . Diskusikan hal tersebut dengan anggota kelompokmu!
Sikap
badan yang benar (nomor)
|
Sikap
badan yang salah
(nomor)
|
Saran/pendapat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Perhatikan gambar di bawah ini !
Cermati ketiga
posisi duduk diatas dan identifikasi kelainan apa yang dapat ditimbulkan dari
masing-masing kebiasaan duduk tersebut !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar