Sabtu, 15 September 2018

SAINS: Praktikum (Semester 4)


PETUNJUK PRAKTIKUM SAINS SD 1
PERCOBAAN 1: STRUKTUR RANGKA MANUSIA

A.      Tujuan
Setelah melakukan percobaan ini, mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi bagian-bagian rangka manusia serta nama dan jumlah tulang-tulang yang menyusun bagian tersebut.

B.       Pendahuluan dan Dasar Teori
Rangka manusia terdiri dari beberapa bagian. Masing-masing bagian itu saling menyatu membentuk suatu struktur yang dinamakan sebagai struktur kerangka manusia.

C.      Rumusan Masalah
1.        Apa sajakah bagian-bagian rangka manusia?
2.        Apa sajakah nama tulang-tulang yang menyusun bagian itu?

D.      Hipotesis
1.        …………………………………………………………………………
2.        …………………………………………………………………………

E.       Alat dan Bahan
Alat peraga kerangka manusia

F.       Cara Kerja
a.        Mengidentifikasi bagian-bagian rangka
1.        Amati Alat peraga kerangka manusia
2.        Identifikasi bagian-bagian rangka tersebut
b.        Mengidentifikasi tulang-tulang penyusun bagian rangka
1.        Amati alat peraga kerangka manusia
2.        Catat nama-nama tulang yang menyusun masing-masing bagian tersebut

G.      Pertanyaan
1.        Berdasarkan kegiatan diatas (a), identifikasi 3 bagian rangka manusia!
2.        Berdasarkan kegiatan diatas (b), identifikasi masing-masing nama tulang penyusun bagian tersebut!
Graphic1




















           
Isikan hasil pengamatanmu ke dalam tabel di bawah ini !
No.
Nama Bagian Rangka
Nama dan Jumlah Tulang Pembentuk
1.


2.


3.






























PETUNJUK PRAKTIKUM SAINS SD 1
PERCOBAAN 2 : FUNGSI RANGKA MANUSIA

A.      Tujuan
Setelah melakukan percobaan ini, mahasiswa diharapkan mampu mengetahui dan mengerti fungsi rangka atau tulang bagi manusia.

B.       Pemahaman dan Dasar Teori
Pernahkah kalian pergi ke festival layang-layang? Layang-layang yang dilombakan sangat menarik dan memiliki berbagai macam bentuk. Ada yang berbentuk ular, ikan, naga, dan lain sebagainya. Berbagai bentuk layang-layang tersebut mengikuti struktur kerangka layang-layang yang dibuat. Gambaran kegunaan rangka terhadap layang-layang tersebut ternyata juga berlaku di dalam tubuh kita. Rangka pada tubuh manusia memiliki berbagai peranan yang sangat urgen. Diantaranya adalah untuk menguatkan dan menegakkan bentuk tubuh, menentukan bentuk tubuh, tempat melekatnya otot, dan melindungi bagian tubuh yang penting.

C.      Rumusan Masalah
1.        Apa saja fungsi rangka bagi manusia?

D.      Hipotesis
1.        ………………………………………………………………………………...

E.       Alat dan Bahan
1.        Gunting
2.        Satu buah pensil atau bolpoin
3.        Satu buah kawat berbentuk “U”
4.        Kain atau sleyer
5.        Isolasi

F.       Cara Kerja
a.        Percobaan 1
1.        Gunakan pensil atau bolpoin
2.        Siapkan sleyer/atau kain, isolasi, dan gunting
3.        Gulungkan kain atau sleyer menutupi keseluruh bagian pensil atau bolpoin
4.        Ketika sudah menutupi keseluruh bagian pensil atau bolpoin berilah perekat atau isolasi
5.        Amati apa yang terjadi
6.        Tarik perlahan pensil atau bolpoin yang ada di dalam kain atau sleyer
7.        Perhatikan apa yang terjadi kemudian catatlah
b.        Percobaan 2
1.        Gunakan kawat berbentuk “U”
2.        Siapkan sleyer/atau kain, isolasi, dan gunting
3.        Gulungkan kain atau sleyer menutupi keseluruh bagian kawat
4.        Ketika sudah menutupi keseluruh bagian kawat, berilah perekat atau isolasi
5.        Amati apa yang terjadi
6.        Tarik perlahan kawat yang ada di dalam kain atau sleyer
7.        Perhatikan apa yang terjadi kemudian catatlah

G.      Pertanyaan
1.      Apa fungsi pensil atau bolpoin dan kawat pada percobaan diatas?
2.      Apa yang terjadi ketika pensil atau bolpoin yang telah di gulung dengan sleyer atau kain di ambil?
3.      Apa yang terjadi ketika pensil atau bolpoin dan kawat direkatkan dengan kuat pada sleyer atau kain?
4.      Mengapa ketika pensil atau bolpoin dan kawat diambil, sleyer kemudian melayu atau lemah, jelaskan?
5.      Apa fungsi rangka atau tulang bagi mahluk hidup?

Catatlah hasil percobaanmu ke dalam kolom di bawah ini!
No.
Percobaan
Perlakuan
Hasil Pengamatan
1.



2.





PETUNJUK PRAKTIKUM SAINS SD 1
PERCOBAAN 3 : SENDI PADA MANUSIA

A.      Tujuan
Setelah melakukan percobaan ini, mahasiswa diharapkan mampu mengetahui arah gerak pada sendi engsel.

B.       Pemahaman dan Dasar Teori
Di dalam susunan rangka manusia terdapat hubungan antar tulang yang dapat memungkinkan tulang-tulang tersebut untuk melakukan pergerakan. Hubungan antar tulang biasa disebut dengan sendi. Ada berbagai macam sendi di dalam struktur kerangka manusia, diantaranya adalah sendi kaku, sendi mati, dan sendi gerak.

C.      Rumusan Masalah
1.      Bagaimana arah gerak sendi engsel?

D.      Hipotesis
1.        ………………………………………………………………………………..

E.       Alat dan Bahan
1.        Pintu ataupun jendela di ruang kelas

F.       Cara Kerja
1.        Perhatikan pintu yang ada diruang kelas
2.        Coba buka dan tutup pintu tersebut
3.        Catat apa yang terjadi !


G.      Pertanyaan
1.        Bagaimana arah gerakan pintu tersebut?
2.        Komponen apa yang menyebabkan pintu dapat bergerak?
3.        Kaitkan percobaan yang kamu lakukan dengan salah satu macam sendi!

























PETUNJUK PRAKTIKUM SAINS SD 1
PERCOBAAN 4 : KELAINAN PADA TULANG MANUSIA

A.      Tujuan
1.        Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami bagaimana sikap tubuh yang baik.
2.        Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan mampu mengetahui pengaruh sikap duduk terhadap kesehatan rangka manusia.

B.       Pemahaman dan Dasar Teori
Tanpa kita sadari, kebiasaan buruk kita sehari-hari ketika melakukan suatu aktivitas dapat merusak pertumbuhan kerangka atau tulang kita. Entah itu cara duduk kita yang salah ketika belajar, maupun sikap tubuh kita yang salah ketika berjalan, berlari atau berdiri. Dimana dari kesemua hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan tulang belakang kita.

C.      Rumusan Masalah
1.      Bagaimana cara membiasakan sikap tubuh yang baik dalam aktivitas sehari-hari?
2.      Bagaimana pengaruh sikap duduk terhadap kesehatan tulang manusia?

D.      Hipotesis
1.      ………………………………………………………………………………..
2.      ………………………………………………………………………………..

E.       Cara Kerja
1.      Amati gambar yang terlampir pada pertanyaan
2.      Diskusikan apa yang terjadi
3.      Catat pendapatmu pada lembar yang telah disediakan!
F.       Pertanyaan
1.        Perhatikan gambar di bawah ini !












Coba bedakan mana sikap badan yang benar dan yang salah. Berikanlah saran terhadap sikap badan yang salah . Diskusikan hal tersebut dengan anggota kelompokmu!
Sikap badan yang benar (nomor)
Sikap badan yang salah
(nomor)
Saran/pendapat













2.        Perhatikan gambar di bawah ini !






Cermati ketiga posisi duduk diatas dan identifikasi kelainan apa yang dapat ditimbulkan dari masing-masing kebiasaan duduk tersebut !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar